Minggu, 08 Oktober 2023

Eksplore Tempat Wisata Unik dan Bersejarah di Sekitar Malioboro, Berikut Rekomendasinya!

Tak perlu diragukan lagi pamor Malioboro sebagai destinasi wisata favorit di Jogja. Tiap hari, siang dan malam tak pernah sepi turis yang hendak kulineran pinggir jalan, belanja oleh-oleh, berfoto di sudut jalan, atau hanya sekedar jalan-jalan santai. Namun, selain Malioboro ada banyak tempat wisata yang unik dan wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan. Tempatnya pun tak jauh dari Kawasan Malioboro, berikut rekomendasinya!

1. Bioskop Sonobudoyo

Bioskop gratis yang menyediakan film-film berbobot, yang bakal menambah pengetahuan Anda adalah Bioskop Sonobudoyo. Berbeda dengan gedung bioskop lain yang memiliki gaya bangunan modern, bioskop Sonobudoyo memiliki bangunan yang relatif kecil dengan interior dan eksterior bangunan Jawa masih dipertahankan.

Bioskop Sonobudoyo beralamat di Jalan Pangurakan No.6, Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Jogja. Lokasinya berada persis di sebelah selatan Titik Nol Jogja, kawasan wisata Maliorobo. Dari Titik Nol Kota Jogja Anda bisa berjalan ke selatan menuju Alun-Alun Utara Kraton Jogja sekitar 50 meter. Di sebelah kanan jalan, menyatu dengan Museum Sonobudoyo, akan ada tulisan Bioskop Sonobudoyo.

Anda bisa menonton tayangan gratis di Bioskop Sonobudoyo pada Selasa hingga Minggu, setiap pukul 16.00-20.00 WIB. Pengunjung cukup datang pada jam tayang film lalu petugas akan memandu untuk mengisi daftar hadir melalui link yang diberikan kemudian akan diminta mengikuti akun sosial media Instagram di @klubdiymenonton serta @sonobudoyo.

Film-film yang ditayangkan di bioskop kecil ini beberapa merupakan film dokumenter Kota Jogja dan film berbahasa Jawa tetapi terdapat subtitle berbahasa Indonesia di setiap film yang tayang.

2. Jogja National Museum

Museum yang aktif dalam pelestarian dan pengembangan seni dan budaya. Penggunjung yang ingin datang ke museum ini tidak dipunggut biaya apapun, hanya akan dikenakan biaya jika diadakan event pameran seni seperti ArtJog yang tahun ini digelar pada tanggal 30 Juni – 27 Agustus 2023. Pameran ini dibuka dari pukul 10.00 - 21.00 dengan tiket masuk sebesar Rp.75.000.

Hanya berjarak 5 menit menggunakan motor dari Titik Nol Jogja atau pusat malioboro menuju sebelah Barat, tepatnya di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Lokasi Jogja National Museum juga dapat ditemukan di Google Maps. Kawasan Jogja National Museum atau JNM tidak hanya sebatas pada ruang pamer museum saja, tetapi juga ada JNM Bloc.

Salah satu bagian dari Jogja National Museum yang menyediakan ruang kreatif bagi para seniman dalam mengadakan pameran, live show, dan workshop. Tak hanya itu, disediakan pula foodcourt dengan variasi jenis kuliner mulai dari makanan tradisional dan mancanegara. Foodcourt JNM Bloc merupakan hasil kolaborasi dari UMKM lokal Kota Jogja.

3. Masjid Gede Kauman

Bangunan masjid bersejarah ini merupakan hasil peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono I, dibangun pada tahun 1773. Masjid ini menjadi simbol kebudayaan dan agama di Kota Jogja. Bangunan masjid yang masih mempertahankan interior dari sejak awal dibangun menjadi daya tarik wisatawan. 

Lokasinya tidak jauh dari Malioboro, sekitar 500 meter menuju arah Selatan. Masjid ini juga berdekatan dengan Kawasan Kerato Jogja tepatnya di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Tidak hanya memberikan kesegaran pada kekayaan budaya, suasana di dalam masjid juga terasa sejuk berkat adanya blumbang, yaitu sebuah kolam yang melingkari serambi masjid. Kolam ini mengalirkan air yang jernih guna membersihkan kaki sebelum memasuki area masjid.

4. Pusat Kuliner Pasar Prawirotaman

Hal menarik dari pasar satu ini adalah tidak hanya pusat bagi pedangan berjualan sayur dan bahan pokok lainnya tapi juga salah satu tempat kuliner unik di Jogja. Pada bagian atas Pasar Prawirotaman atau rooftop, penggunjung bisa mencoba berbagai jajanan sambil bersantai karena letaknya di rooftop jadi lebih terasa segar apalagi di sore hari sambil menikmati sunset.

Pasar Prawirotaman berlokasi di Jl. Parangtritis No.103, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, lokasi pasar ini bisa ditemukan di Google Maps. Berbagai jajanan bisa dicoba mulai dari aneka es dawet, es teler, roti dan kue cinnamon roll, hingga makanan berat seperti mi yamin atau steak. Saat hendak ke foodcourt ini, penggunjung cukup menuju lift yang berada di parkiran dan langsung ke lantai 4. Foodcourt ini mulai buka dari jam 10.00-20.00 setiap hari.


Load comments

0 Comments