Selasa, 17 Oktober 2023

Unik! 3 Museum Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Jogja

Sebagai kota yang terkenal dengan sejarah budayanya, Jogja memiliki banyak destinasi wisata museum menarik yang wajib untuk dikunjungi.

Mulai dari museum seni, museum sejarah, hingga museum budaya Jawa. Berikut rekomendasi meusum unik yang wajib dikunjungi saat ke Jogja!

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo didirikan pada tahun 1935 oleh Sultan Hamengkubuwono VII. Berasal dari kata "sono," yang berarti "warna," dan "budoyo," yang berarti "seni budaya”. Nama museum ini selaras dengan tujuan pendirian museum yaitu pelestarian budaya Jawa. 

Museum ini memiliki koleksi yang sangat luas, termasuk seni rupa, kerajinan tangan, tekstil, peralatan musik tradisional, naskah kuno, wayang kulit, dan banyak artefak lainnya. Koleksi ini mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa, termasuk pakaian tradisional, peralatan rumah tangga, dan peralatan pertanian.

Buka setiap hari Selasa – Minggu, dari pukul jam 08.00 pagi sampai 21.00. Tiket masuk bagi pengungjung sebesar 10.000 untuk dewasa, 5.000 untuk anak-anak, dan 20.000 bagi wisatawan asing. Museum ini terletak di dalam kompleks Keraton Yogyakarta dan tidak jauh dari Titik Nol Kilometer Jogja yaitu di Jalan Trikora No. 6, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Museum Affandi

Museum Affandi merupakan museum seni yang didedikasikan untuk menghormati dan memamerkan karya seniman terkenal Indonesia, Affandi (1907-1990), salah satu pelukis terkeneal Indonesia. Museum ini berada di dekat Sungai Gajah Wong di Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Depok, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis dan mudah diakses dari pusat kota Yogyakarta. 

Museum ini banyak memamerkan koleksi dari karya-karya Affandi. Koleksi ini mencakup lukisan-lukisan kontemporer yang menggambarkan berbagai tahapan dalam perkembangan seni Affandi. Selain lukisan, museum ini juga memiliki koleksi patung, mural, dan artefak lain yang terkait dengan kehidupan dan karya Affandi. 

Tidak hanya itu, arsitektur bangunannya juga menjadi salah satu daya tarik. Bangunan tersebut awalnya adalah tempat tinggal Affandi dan keluarganya, yang kemudian dikonversi menjadi museum. Arsitektur bangunan ini sangat menarik, dengan catan dan goresan seni yang mencolok di dinding dan langit-langit, menciptakan pengalaman seni yang unik bagi pengunjung. Keliling Jogja Dengan Sewa Sepeda Murah Disini!

Buka dari jam 09.00 pagi – 16.00 sore, pengunjung bisa datang dengan membeli tiket seharga 50.000 bagi wisatawan lokal dan 100.000 bagi wisatawan asing. Harga tiket tersebut sudah termasuk gratis snack dan minuman.


Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu dibangun dengan tujuan untuk melestarikan budaya Jawa. Nama Ullen Sentalu sendiri berasal dari singkatan dalam bahasa Jawa yaitu Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku. Memiliki arti nyala lampu blencong untuk pentunjuk bagi umat manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Berlokasi di dekat Kawasan pegunungan Sleman tepatnya di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Di Yogyakarta. Saat berkunjung ke museum ini akan merasakan suasa sejuk dengan suhu 15-20° C. 

Buka dari pukul 08.30-16.00 setiap Selasa – Minggu, pengunjung bisa masuk dengan harga tiket bervariasi yaitu: 

Tur Adiluhung Mataram: 50.00

Tur Vorstenladen: 100.000

English Guided Tour: 100.00

Load comments

0 Comments