Rabu, 13 Juli 2022

Tips Mencari Waktu untuk Bersepeda

Bagi Anda yang sibuk, menemukan waktu untuk bersepeda bisa menjadi aspek yang paling sulit. Apalagi hal sulit tersebut menjadi lebih menakutkan karena Anda setidaknya memiliki rencana sederhana, yaitu konsisten dalam bersepeda. Setidaknya Anda harus memulainya dengan latihan. Program latihan yang direncanakan dengan baik akan menambah kecepatan, kekuatan, dan daya tahan Anda. Hal ini menjadi elemen kunci dalam performa bersepeda sehingga Anda akan menemukan latihan terstruktur minggu ke minggu, bulan ke bulan, dan bahkan tahun ke tahun.


Tekankan pada kualitas

Kualitas merupakan salah satu bagian yang penting karena waktu untuk bersepeda Anda memiliki waktu yang sangat terbatas. Setiap menit harus sungguh-sungguh bermanfaat. Salah satu cara terbaik adalah dengan berinvestasi pada sebuah monitor denyut jantung. Alat itu akan membantu Anda menjaga masing-masing sesi bersepeda dalam target zona latihan sekitar maksimal 60 sampai 85 persen denyut jantung.


Dengan cara demikian bersepeda selama 30 menit pun bisa meningkatkan kebugaran. Agar usaha keras Anda terasa menyenangkan, variasikan aktivitas bersepeda dengan time trial singkat, latihan interval, sprint, dan latihan paceline singkat dengan teman-teman Anda. Meskipun begitu, jangan berlebihan melakukannya. Anda akan mengalami risiko overtraining dan kelelahan. Jangan lupa untuk selalu sertai sebuah latihan berat dengan satu hari beristirahat atau bersepeda santai pada 60 persen level denyut jantung maksimal untuk mendorong pemulihan.


Bersepedalah saat fajar menyingsing

Jika Anda tipe "orang pagi", bantuan bersepeda bisa dilakukan saat fajar menyingsing. Keuntungan bersepeda saat itu adalah mendapatkan udara yang sejuk dan tenang, lalu lintas lengang, dan kepuasan karena Anda telah bersepeda, tak jadi masalah apa pun yang bakal terjadi hari itu. Untuk bisa melakukannya Anda perlu tidur lebih awal, untuk mencegah kelelahan yang bisa mengacaukan performa bersepeda dan bekerja Anda.


Jadilah komuter

Nasihat paling kuno bagi para pesepeda yang waktunya terbatas masih merupakan nasihat yang paling baik: kendarai sepeda Anda ke tujuan Anda sehari-hari dan gunakan sepeda sebagai sarana transportasi Tidak, jarak yang Anda tempuh tersebut tidak mungkin menjadi sarana latihan berkualitas tinggi, mengingat kondisi jalan yang tidak lancar di dalam kota. Tetapi Anda bisa memperbaikinya dengan beberapa taktik berikut. Cara paling mudah adalah dengan menemukan sebuah rute yang lebih panjang dan tidak terlalu padat, dan lakukan latihan serius sementara Anda mengenyahkan stres hari-hari kerja di kantor. Dalam durasi yang hampir sama dengan mengendarai mobil, Anda telah menyelesaikan satu latihan dan punya banyak waktu untuk melakukan hal lainnya pada malam hari.


Bersepeda malam hari

Sistem lampu untuk sepeda saat ini sangat menakjubkan. Akhirnya seorang pengendara sepeda bisa terlihat di ramainya lalu lintas dan melihat jalan sebaik para pengendara motor. Hal tersebut memperbesar potensi bersepeda menjadi 24 jam sehari, serta menghilangkan kecemasan Anda apabila harus tiba di rumah tepat pada waktunya dengan mengayuh secepat mungkin sebelum matahari terbenam. 


Keuntungan lainnya dengan tidak berada di atas sadel saat senja, Anda bisa terhindar dari jam-jam sibuk dan lalu lintas padat, udara akan terasa lebih bersih dan sejuk, dan Anda bisa menikmati pemandangan yang dilewatkan oleh rekan-rekan Anda yang tidak memiliki lampu sepeda sehingga mereka harus mengebut untuk sampai di rumah sebelum matahari terbenam. Pasang lampu belakang, kenakan pakaian berwarna mencolok, dan hiasi sepeda Anda dengan selotip yang juga memantulkan cahaya. Keberadaan Anda akan terlihat jelas di jalan sehingga para pengguna jalan lain akan memberi Anda ruang lebih longgar daripada yang mereka berikan pada siang hari.


Bersepeda saat makan siang

Ketika Anda punya waktu terbatas selama satu jam untuk bersepeda, mau tak mau Anda terdorong untuk mengayuh dengan cepat. Akibatnya kita harus sangat bugar sepanjang waktu tersebut. Jangan lupa menyelipkan sedikit pemanasan dan pendinginan kira-kira pada bagian latihan yang berat dan cepat. Tentu saja, untuk bersepeda selama jam makan siang, Anda membutuhkan jalan yang cocok di dekat kantor Anda dan tempat yang aman untuk menyimpan sepeda Anda.


Baca juga artikel lainnya Sewa Sepeda Murah Meriah untuk Mahasiswa
Load comments

0 Comments