Jumat, 01 Juli 2022

Tips Memilih Ukuran Ideal Sepeda Balap untuk Anda!

Apabila Anda ingin membeli sepeda baru, pasti terdapat beragam jenis pilihan sepeda dengan ukuran yang membingungkan. Untuk membantu Anda memilih ukuran ideal sepeda balap, semoga artikel ini membantu Anda menemukan ukuran yang tepat!

1. Handlebar

Lebar handlebar sebaiknya sama dengan lebar bahu. Geser tangan ke sisi handlebar yang paling luar, hal tersebut agar dada Anda terbuka dan leluasa saat bernapas. Beberapa model handlebar juga tersedia dengan lengkungan yang besar sehingga tangan pesepeda yang besar bisa memegangnya. Posisikan bagian bawah bar yang rata secara horizontal atau sedikit menyudut ke arah rem belakang.


2. Tuas rem

Tuas bisa diatur di sepanjang lengkungan bar untuk memberi posisi yang paling untuk Anda, baik antara memegang pangkal tuas rem maupun mengerem ketika kedua tangan. Bagi sebagian besar pesepeda, posisi rem yang paling baik adalah jika ujung tuas menyentuh pangkal bagian bawah handlebar yang rata.


3. Ketinggian stem

Dengan stem yang cukup tinggi (normalnya sekitar satu inci di bawah permukaan sadel), Anda akan lebih condong untuk memanfaatkan lingkungan handlebar. Memasangnya lebih rendah bisa meningkatkan aerodinamika. Namun, mungkin akan terasa tidak nyaman.


4. Panjang top-tube dan stem

Kombinasi dua hal ini, yang menentukan jangkauan Anda, bervariasi tergantung fleksibilitas dan anatomi tubuh Anda. Tidak ada resep yang paling manjur, tapi ada cara bagus untuk memulainya: Ketika Anda merasa nyaman duduk dengan siku yang sedikit tertekuk dan kedua tangan Anda berada di pangkal tuas rem, hub roda depan harus terhalang oleh handlebar sehingga Anda tak bisa melihatnya. Ini adalah posisi yang relatif tegak. Akan tetapi, seiring waktu Anda bisa memanfaatkan stem yang lebih panjang untuk meningkatkan aerodinamika dan meratakan punggung Anda.


5. Panjang crank arm

Trennya mengarah ke tuas yang lebih panjang. Ini menambah kekuatan tapi bisa menghambat kecepatan kayuhan. Secara umum, jika panjang bagian dalam kaki Anda kurang dari 29 inci, gunakan crank arm ukuran 165 mm; jika berkisar antara 29 sampai 32 inci, 170 mm; dari 32 sampai 34 inci, 172,5 mm; dan lebih dari 34 inci, 175 mm. Panjang crank arm diukur dari titik tengah crank sampai lubang pemasangan pedal. Ukuran tersebut biasanya tertera di belakang crank arm.



Load comments

0 Comments