Minggu, 26 Juni 2022

Tips Aman Bersepeda Saat Car Free Day

Hari ini merupakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau biasa disebut Car Free Day (CFD). Di beberapa wilayah, Car Free Day umumnya digunakan sebagai ruang untuk berolahraga bagi masyarakat perkotaan. Tak hanya itu, terdapat beberapa titik jalan yang ditutup untuk kendaraan bermotor. Penutupan jalan sebagai dampak dari pemberlakuan Car Free Day dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berolahraga di jalan-jalan dan bersepeda.

sumber: ANTARA

Bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang mudah dilakukan. Selain praktis, hal ini menjadikan sepeda sebagai olahraga yang banyak diminati dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.  Di Car Free Day ramai masyarakat yang bersepeda, jogging, senam, dan lain-lain. Namun, perlu diperhatikan saat bersepeda agar mencegah hal yang tidak diinginkan. Berikut tips aman bersepeda saat Car Free Day.


1. Patuhi Protokol Kesehatan

Meskipun pemerintah sudah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tetapi perlu diperhatikan protokol kesehatan dalam bersepeda saat CFD, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. Hal itu dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus covid-19.


2. Membawa Minum dan Hand Sanitizer

Penting membawa minum sendiri dari rumah. Selain praktis, membawa minum dapat meminimalisir sampah di area Car Free day. Tak lupa, pengendara sepeda juga sebaiknya membawa hand sanitizer supaya tidak perlu mencari air untuk mencuci tangan.


3. Gunakan Perlengkapan Bersepeda dengan yang Lengkap

Sebelum bersepeda, pastikan Anda menggunakan peralatan yang aman, baik, dan benar seperti helm, kacamata, dan sarung tangan. Hal ini untuk mencegah cedera fatal apabila terjadi kecelakaan.


4. Patuhi Rambu Bersepeda di Jalan Raya

Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan bersepeda Nomor PM 59 Tahun 2020 yang berlaku sejak 14 Agustus 2020. Peraturan tersebut berisi, pesepeda harus memenuhi syarat keselamatan, seperti melengkapi sepeda dengan spakbor, bel, helm, lampu, dan alat pemantul cahaya. Di samping itu, pemerintah menyediakan fasilitas pendukung, seperti jalur khusus sepeda. Tak hanya itu, di beberapa tempat menyediakan tempat parkir untuk pesepeda yang dilengkapi tiang, rak, dan sandaran.


5. Memberikan Prioritas kepada Pejalan Kaki

Meskipun bergerombol, disarankan agar pesepeda selalu hati-hati di jalan dan utamakan keselamatan. Keselamatan tak hanya untuk pesepeda itu sendiri, melainkan juga pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya.


Load comments

0 Comments