Minggu, 09 Oktober 2016

Tips Memilih Rem Hidrolik Atau Mekanik


Memilih Rem Hidrolik atau Mekanik 

Rem Hidrolik adalah Rem Cakram dengan tuas berteknologi hidrolik, sebuah teknologi mengunakan tekanan minyak dari tuas rem sehingga menjadi sangat ringan saat anda menarik tuas remnya.

Kelebihan : Rem hidrolik sangat nyaman, anda dapat melakukan pengereman hanya dengan 1 jari tangan saja. Tangan anda menjadi tidak mudah capek, Hal ini sangat diperlukan saat bersepeda sangat lama dimedan berat yang berbatu. 

Kekurangan : Ada kelebihan pasti ada kekuranganya , jenis rem hidrolik memerlukan perawatan berkala yaitu pada oli rem yang ada dibagian tuasnya. Rem hidrolik ada yang memerlukan perawatan khusus yang harus dibawa ke bengkel, karena memerlukan alat khusus yaitu seperti pompa yang mengisi minyak rem. Sebenarnya bermacam - macam tergantung jenis maupun modelnya. Untuk beberapa jenis dapat ditangani sendiri, sedangkan model lainnya sedikit butuh perawatan khusus. 


Rem Mekanik adalah Rem Cakram dengan tuas terhubung kabel yang didalamnya terdapat kawat dimana saat tuas ditarik kawat tersebut yang akan menarik kaliper sehingga mencengkram cakram. 

Kelebihan : Perawatan mudah dan harganya murah (harga sekitar 300ribuan, separuh dari harga rem hidrolik). Perawatan juga tidak terlalu ribet , jika rusak mudah diganti sendiri dan setting rem juga lebih mudah. 

Kelemahan : lebih berat saat anda menarik tuasnya. Dibutuhkan kekuatan lebih saat mengerem. Pengereman akan tidak efektif ketika melewati jalur berat seperti jalan berbatu dan berliku - liku. Tangan penunggang sudah kehilangan tenaga dalam menahan setang di medan tersebut , malah ditambah lagi dengan melakukan pengereman, bisa jadi kelengahan terjadi, terjatuh dll. 

2. Memilih Ukuran Rotor (Piringan Cakram) Pasti masih banyak yang bingung ukuran kecil dan besar apakah berbeda ? Jelas berbeda sobat :). Rotor dengan ukuran lebih besar akan lebih baik dalam hal pengereman lebih kuat mencengkram, kelemahanya bagian kampas rem cepat aus. Untuk pengereman terbaik gunakan rotor beasar. 

 - Memilih sistem koneksi rotor 6 bolt atau centerlock untuk Rotor /cakram disc. Kebanyakan produsen sepeda, membuat part sepeda lebih banyak dibuat untuk rotor 6 bolt. Sistem Centerlock khusus bagi produk merek Shimano. 

Pilihan terbaik itu Centerlock atau 6 bolt ya ? Jawabanya "Sama saja". Untuk merek Shimano biasanya sedikit lebih mahal :). Yang berhubungan erat dengan rotor adalah Hub. Jika Hub anda mengunakan merek Shimano, tentunya gunakanlah rotor jenis centerlock. Sedangkan rotor dengan jenis 6 bolt akan lebih luas (universal), bervariasi karena lebih banyak didukung oleh produsen komponen (part) sepeda. 

Tips : Produk rem apa yang terbaik ? Pada saat ini hampir semua produsen sepeda telah menerapkan dan mengembangkan teknologi rem sepeda Hidrolik karena harga jual rem hidrolik lebih tinggi dan tentunya memenuhi dari kelas mainstream hingga premium. Pilihlah rem hidrolik sesuai medan sepeda anda Cross Country, All mountain atau Downhill. Kenapa ? , karena setiap produk walaupun sama - sama hidrolik memiliki sedikit fitur yang berbeda - beda. Bentuk tuas yang sedikit berbeda dan teknologi minyak-nya saja juga berbeda - beda yaitu mineral oil untuk pemakaian biasa , hingga minyak tahan panas tipe DOT. Itulah jenis Macam Ukuran Rem Cakram Discbrake Sepeda Gunung , Semoga bermanfaat

SEWA SEPEDA di JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI
HUBUNGI SEGERA 
SMS/WA 08989-36-9294
CALL 0822-9060-1525
PIN BBM 51FBB6AD

Load comments

0 Comments