Kamis, 18 Agustus 2022

Antipegal! Posisi Tubuh yang Tepat Saat Mengendarai Sepeda Balap

Bersepeda memang sangat menyenangkan. Selain dapat menikmati sejuknya udara di pagi hari atau pemandangan indahnya ibu kota, bersepeda sekaligus dapat melepas penat. Namun, bagi kalian yang hobi bersepeda, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan pengalaman bersepeda Anda senyaman dan semenyenangkan mungkin, berikut posisi tubuh saat mengendarai sepeda balap.

1. Lengan

Berhati-hatilah terhadap otot kaku yang sering dialami pesepeda balap. Jaga siku Anda tetap tertekuk dan relaks untuk menyerap guncangan dan mencegah perubahan arah secara tiba-tiba saat Anda menabrak gundukan. Jaga kedua lengan sejajar dengan tubuh Anda, tidak mengarah ke luar untuk mendapatkan posisi tubuh yang kompak dan aerodinamis.

2. Tubuh bagian atas/bahu

Satu tips: jangan banyak bergerak. Bayangkan kalori yang terbakar dengan bergoyang ke kanan dan kiri setiap kali Anda mengayuh selama perjalanan sejauh 25 mil. Gunakan energi itu untuk mengayuh pedal. Juga, hindari duduk bergeser ke bagian depan sadel dan membungkukkan punggung saat Anda kelelahan. Pindah ke gir yang lebih tinggi dan secara berkala mengayuhlah sambil berdiri agar pinggul dan punggung Anda tidak kaku.

3. Kepala dan leher

Hindari menundukkan kepala, terutama saat Anda kelelahan. Secara berkala, miringkan kepala Anda ke kanan dan ke kiri untuk meregangkan dan melemaskan otot leher.

4. Tangan

Ubah posisi tangan sesering mungkin untuk menghindari mati rasa pada jari dan kekakuan pada tubuh bagian atas. Tidak perlu mencengkeram handlebar terlalu erat karena akan menghasilkan energi yang melemahkan ketegangan otot di seluruh lengan dan bahu. Genggam bagian bawah handlebar saat melintasi turunan atau memacu sepeda, dan genggam pangkal tuas rem saat mengayuh santai.

Pada tanjakan yang panjang, genggam bagian atas handlebar agar Anda bisa mengayuh dengan tegak dan membuka dada agar bernafas lebih mudah. Saat berdiri, genggam pangkal rem dengan santai dan goyang sepeda ke kanan dan ke kiri secara sinkron dengan kayuhan sepeda Anda. Selalu pastikan masing-masing ibu jari dan satu jari lainnya melingkar di pangkal rem atau pada handlebar agar tangan tak tergelincir saat sepeda melintasi gundukan yang tak diduga.

5. Punggung

Punggung yang rata adalah tanda posisi pesepeda yang benar. Kombinasi ukuran stem dan top tube yang tepat adalah hal yang krusial untuk mencapai posisi ini, begitu juga fleksibilitas pinggul. Doronglah bagian atas pinggul Anda ke arah depan. Jika Anda membayangkan menyentuh top tube dengan perut Anda, hal itu akan membantu Anda menghentikan kebiasaan membungkukkan punggung.

6. Pantat

Dengan bergeser ke bagian belakang atau depan sadel, Anda bisa memberi tekanan pada kelompok otot yang berbeda. Hal itu berguna saat melintasi tanjakan panjang. Bergeser ke depan memberi tekanan pada otot quadriceps di bagian depan paha Anda, sedangkan bergeser ke belakang memberi tekanan pada lutut dan paha belakang serta pantat.

7. Kaki

Perhatikan jejak kaki Anda saat Anda berjalan keluar dari kolam renang. Beberapa dari kita mempunyai ibu jari kaki yang mengarah ke dalam saat berjalan dan yang lain sebaliknya, mengarah ke luar. Untuk mencegah cedera lutut, dapatkan posisi cleat yang mengakomodasi sudut alami kaki Anda. Lakukan penyetelan cleat selama perjalanan sampai Anda merasa nyaman. Lebih baik lagi, gunakan sistem pedal clipless yang memungkinkan kaki Anda berputar secara bebas, atau mengambang, sehingga penyesuaian secara presisi tidak diperlukan. Posisikan cleat ke depan/belakang sehingga bagian terlebar kaki secara langsung berada di atas atau sedikit di depan as pedal.

Selain itu, untuk Anda yang ingin bersepeda bersama teman-teman, keluarga, dan pasangan juga ada promo nih khusus untuk Anda!

1. Sewa sepeda min. 50 unit gratis ongkir

2. Sewa sepeda min. 100 unit gratis ongkir dan helm.


Promo ini berlaku dengan ketentuan sebagai berikut.

- Hanya berlaku di daerah Jakarta

- Periode promo ini berlangsung mulai dari 1-30 Agustus 2022, untuk reservasi bulan Agustus.

Ikuti terus perkembangan pondok sepeda di website, youtube, instagram, dan platform media lainnya untuk mendapatkan penawaran, promo serta giveaway yang akan tersedia untuk Anda!

------------------------------------------------------

Instagram : https://www.instagram.com/sewasepeda

Official Site : https://www.pondoksepeda.com

Subscribe & More Videos : https://www.youtube.com/pondoksepeda


Baca juga Sewa Sepeda Tangerang Selatan Murah!