Kamis, 07 Juli 2022

Posisi Tubuh yang Tepat Saat Naik Sepeda Gunung

Saat bersepeda off road pasti memiliki beragam gaya, seperti mengubah posisi diatas sepeda saat Anda mengayuh di medan bergelombang. Meskipun demikian, ada beberapa teknik mengendarai yang penting untuk membantu Anda bersepeda lebih baik. Baca pedoman berikut selama beberapa menit, lalu mulailah beraksi.

1. Lengan

Tekuk lengan sedikit, hal tersebut berfungsi sebagai peredam guncangan. Jika Anda bisa mencapai handlebar hanya dengan siku yang lurus, carilah stem yang lebih pendek dan/atau handlebar yang lebih tinggi, atau kondisikan tubuh Anda untuk lebih condong ke depan dengan memutar pinggul Anda.


2. Punggung

Ketika kombinasi panjang top tube/stem Anda benar, tubuh Anda seharusnya akan condong ke depan 45 derajat selama mengayuh dalam keadaan normal (jika Anda lebih berfokus pada bersepeda cepat di turunan, cari posisi yang lebih tegak, sekitar 30 derajat). Itu adalah sudut yang efisien karena otot gluteus pada pantat tidak berkontribusi banyak pada kayuhan saat Anda duduk lebih tegak. Selain itu, posisi yang condong ke depan memindahkan sejumlah beban tubuh ke kedua lengan, sehingga pantat Anda tidak sakit. 


3. Tubuh bagian atas

Jangan tekuk bahu Anda. Hal itu agar terhindar dari rasa sakit dan kelelahan pada otot. Angkat kepala Anda setiap beberapa menit untuk mencegah otot leher kaku.


4. Tangan dan pergelangan tangan

Genggam handlebar cukup kuat untuk mempertahankan kontrol. Atur tuas rem sehingga dekat dengan genggaman Anda dan atur sudutnya sehingga Anda bisa menggapai rem dengan satu atau dua jari sementara jari yang lain masih bisa menggenggam handlebar dengan nyaman; dengan rem cakram yang sangat bertenaga dewasa ini, mengerem dengan satu jari adalah hal yang standar. Pergelangan tangan Anda harus lurus saat Anda berdiri di atas sadel dan mengerem, seperti saat melintasi turunan. Selalu bersepeda dengan ibu jari melingkar pada handlebar agar tangan Anda tidak selip.


Baca artikel lainnya Rekomendasi 3 Sepeda MTB Polygon 2 Jutaan!