Selasa, 28 Juni 2022

Rekomendasi City Bike yang Pas untuk Anda

(ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Menjelajah kota dengan sepeda sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Sejuknya udara dan indahnya kota dapat Anda nikmati baik pagi maupun sore menjelang malam hari. Selain berolahraga, Anda juga bisa sekaligus menikmati suasana Ibu kota.


Tak hanya untuk berolahraga, sepeda juga digunakan untuk beberapa aktivitas lainnya. Semenjak covid-19, banyak masyarakat beralih dari transportasi umum ke sepeda. Selain praktis, sepeda juga menjadi salah satu kendaraan pilihan untuk berangkat ke kantor. Namun, maraknya bersepeda harus dibarengi dengan aturan yang jelas. Hal itu bertujuan agar masyarakat dan pengguna pesepeda terjamin keamanan dan kenyamanannya. 


Kementerian Perhubungan mengantisipasi dampak negatif dengan mengeluarkan peraturan-perundangan bagi pesepeda. Salah satunya aturan bersepeda Nomor PM 59 Tahun 2020 yang berlaku sejak 14 Agustus 2020. Peraturan tersebut berisi pesepeda harus memenuhi syarat keselamatan, seperti melengkapi sepeda dengan spakbor, bel, helm, lampu, dan alat pemantul cahaya. Di samping itu, pemerintah menyediakan fasilitas pendukung, seperti jalur khusus sepeda. Tak hanya itu, di beberapa tempat menyediakan tempat parkir untuk pesepeda yang dilengkapi tiang, rak, dan sandaran.


Berikut rekomendasi city bike yang pas untuk Anda versi pondok sepeda. 

1. MTB XC

XC atau cross country, sepeda gunung MTB XC tak hanya dipakai di area pegunungan, bisa juga digunakan di trek perkotaan. Apabila melihat dari spesifikasi, sepeda gunung Cross Country memiliki handlebar (setang) yang lebih pendek. Tak hanya itu, MTB Cross Country memiliki suspensi yang lebih pendek. Sepeda gunung Cross Country memiliki stem yang lebih panjang, yakni sekitar 90mm – 100mm. Hal itu dibuat untuk kecepatan dan kelincahan maksimum, serta memposisikan pengendara dalam postur yang mendorong tubuh pengendara lebih ke depan


2. Road Bike

Road bike menjadi salah satu jenis sepeda yang pas digunakan di jalan aspal yang halus. Sepeda ini didesain dengan rangka yang ringan serta memiliki roda yang kecil, ringan, dan halus. Dengan kecepatan 30–50 km/jam, road bike menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melaju di trek yang panjang dan butuh kecepatan. 


3. Folding Bike/Sepeda Lipat

Sesuai dengan namanya, sepeda lipat tentu dapat dilipat sehingga bisa dimasukkan ke dalam kendaraan umum. Sepeda lipat memiliki diameter roda yang kecil, tujuannya untuk mendukung portability–mampu menyesuaikan di area tertentu. Biasanya roda berukuran sekitar 16 inchi, 20 inchi atau bahkan lebih kecil. Apabila dilihat dari segi mekanika perpindahan kecepatan, sepeda lipat lebih tepat digunakan pada jalanan perkotaan. Selain fleksibel dapat dilipat dan dibawa-bawa dalam kendaraan umum.


Untuk Anda yang suka olahraga, refreshing, maupun jalan-jalan dan menikmati suasana Ibu kota, ada promo nih untuk Anda yang ingin bersepeda bersama teman-teman, keluarga, dan pasangan.

1. Sewa sepeda min. 50 unit gratis ongkir

2. Sewa sepeda min. 100 unit gratis ongkir + helm.


Promo ini berlaku dengan ketentuan sebagai berikut.

- Hanya berlaku di daerah Jakarta.

- Khusus untuk 3 (tiga) orang penyewa pertama.

- Periode promo ini berlangsung mulai dari 19–-30 Juni 2022 untuk reservasi bulan Juli.



Load comments

0 Comments