Selasa, 02 Oktober 2018

PUNYA ONTHEL TAPI JARANG PAKAI ? YUK INTIP CARA MERAWATNYA !

PUNYA ONTHEL TAPI JARANG PAKAI ? YUK INTIP CARA MERAWATNYA !



Sepeda menjadi hal yang lumrah bagi setiap orang yang terkenal paling ramah dan tidak menimbulkan polusi bagi lingkungan. Di jaman dahulu, sepeda sebagai alat transportasi yang sangat merakyat bahkan hampir semua kalangan masyarakat memilikinya. Namun sejak era teknologi transportasi mulai berkembang pesat, sepeda sebagai alat transportasi menjadi kebutuhan sekunder yang lebih cenderung digunakan sebagai alat olahraga dan hobi semata.  Tidak jarang dalam lini masyarakat banyak sekali lebih memilih kendaraan yang praktis guna menunjang aktivitas sehari-hari.

Alhasil, sepeda yang mereka gunakan pada jaman dahulu lebih sering terparkir begitu saja tanpa perawatan yang maksimal. Salah satunya adalah sepeda onthel. Jenis sepeda ini memang sangatlah unik, selain karena usianya sudah tua tapi disisi lain sepeda onthel memiliki nilai histori yang sangat tinggi sehingga banyak dari kalangan lebih memilih untuk disimpan daripada dijual.

Pada umumnya sepeda onthel memberikan kesan klasik terhadap pemakainya, selain itu jika dijual, semakin tua maka harga pun semakin tinggi, namun mereka tidak memperhatikan minusnya,  maka tak heran jika sepeda ini minim dalam hal perawatan.

Jika sepeda tersebut ingin penampilan dan kualitasnya bagus ,baik dalam segi fungsi dan kelayakan disetiap part - part nya . maka yang harus diterapkan adalah sebagai berikut.


  • Cuci sepeda sampai bersih dengan tekanan air sedang
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan sepeda. Lakukan pencucian sepeda dengan benar. Perhatikan tekanan air apabila mencuci dengan menggunakan selang. Selanjutnya gunakan shampo  khusus. Hal ini untuk menjaga agar bagian-bagian sepeda tidak mudah terkikis dan terkelupas, mengingat sepeda jenis ini rentan dalam segi fungsional.


  • Gunakan wax poles

Jika sudah dicuci bersih, selanjutnya gunakan wax poles yang biasa digunakan untuk interior mobil. Karena wax poles jenis ini sangat lembut dan tidak dapat mengikis lapisan cat pada sepeda. Poles dengan lembut pada bagian yang kusam dengan kain microfiber. Alternatif pilihan jika ragu menggunakan wax poles, gunakanlah semir sepatu. Semir sepatu juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk dapat membuat sepeda terlihat kinclong, tapi semir sepatu biasanya digunakan pada bagian-bagian yang terlihat karatan.

  • Perhatikan bagian-bagian penting pada sepeda

Bagian yang juga dianggap sangat penting khususnya pada sepeda jenis onthel terletak pada gir dan rantai, jika kedua bagian ini sudah aus dan gir tajam, sebaiknya perlu penggantian pada bagian tersebut. Kedua, yaitu cek kabel dan pad rem dalam keadaan berfungsi dengan baik.

  • Berikan pelumas

Ada baiknya berikan cairan pelumas seperti oli maupun cairan khusus anti karat. Berikan cairan pelumas tersebut pada mekanisme bagian-bagian sepeda yang lebih banyak bekerja seperti pada rantai, gir, roda, crank dan headset atau lebih sering kita bilang ‘komstir’ dan bagian yang sekiranya kita perlu beri pelumas. Hal ini untuk menjaga terjadinya aus, macet, seret, karatan, dan lain sebagainya.

Demikian tips ringan yang bisa anda lakukan agar sepeda onthel selalu senantiasa terlihat baik dalam segi tampilan maupun fungsionalnya. Mudah bukan ?

Load comments

0 Comments