Kamis, 20 September 2018

KESALAHAN UMUM YANG SERING KALI DILAKUKAN OLEH PESEPEDA PEMULA


Banyak dari pada pesepeda pemula yang tak mengetahui beberapa kesalahan saat mengendarai sepeda. Kesalahan tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kelelahan saat bersepeda dan terasa pegal di badan bahkan sampai mengakibatkan cidera otot dan sendi.
Kini Pondok Sepeda menjabarkan kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh pemula.
Yuk simak !
1.       Posisi kaki yang tidak pas antara telapak kaki dan pedal
Mengayuh dengan tumit atau kaki bagian tengah. Cara seperti ini mengakibatkan tenaga untuk mengayuh menjadi tidak optimal dan menjadi lebih banyak mengeluarkan tenaga. Sehingga menjadi cepat lelah.
2.       Posisi tempat duduk / sadel telalu rendah
Umumya para pesepeda pemula meyetel sadel ada posisi rendah. Hal ini beranggapan bahwa jika pada posisi tersebut apabila ketika berhenti atau kehilangan keseimbangan dapan dengan cepat kaki pijak ke tanah. Namun posisi sadel yang terlalu rendah juga dapat membuat tenaga untuk mengayuh menjadi lebih besar. Jika ini terus berlajut dapat mengakibatkan pemula penjadi mudah kelelahan. Solusinya adalah atur sadel/ posisi tempat duduk dan kaki sejajar atau tegak lurus saat kaki mengayuh ke bawah.
3.       Salah pengaturan pada gir sepeda
Sebagia besar para pemula menggunakan gir depan besar dan belakang dega gir kecil dengan alas an melatih otot kaki. Jangan lakukan ! Karena ini merupakan suatu kesalahan. Hal ini memaksa otot kaki menjadi kerja keras yang dapat mengakibatkan kram otot. Baiknya menggunakan gir yang sesuai dimana kayuhan kaki lebih cepat namun tekanan kaki ke pedal lebih kecil.
4.       Mengayuh sepeda terlalu pelan
Banyak yang beranggapan bahwa mengayuh sepeda terlalu pelan tidak cepat lelah. Namun faktanya justru membuat tekanan ke pedal menjadi lebih besar. Alangkah baiknya mengayuh sepeda jangan terlalu pelan maupun cepat. Mengayuhlah dalam posisi yang stabil dan konstan agar tidak terlalu cepat lelah dan kaki tidak bekerja ekstra.
Semoga bermanfaat ! salam Pondok Sepeda.

mau informasi gambar sepedanya sewa sepeda klik disini Disini

Load comments

0 Comments