Selasa, 05 Januari 2016

NgOnthel Yuks...

Sepeda Ontel, yaa.. siapa yang tidak mengenal sepeda klasik yang sering digunakan kakek & nenek kita dahulu saat mereka masih pacaran. Mungkin cuma anak sekarang yang tidak tau seperti apa itu sepeda ontel. Sepeda ini dulu pertama kali diperkenalkan di indonesia sejak  pemerintahan Belanda.  Sepeda ini juga biasa dikenal dengan istilah sepeda unta atau pit pancal.  Dahulu sepeda ontel ini sangat ngetrend di jamannya, namun seiring berkembangnya zaman sepeda ini pun hanya mampu popular sampai tahun 1970’n kemudian digantikan oleh sepeda jengki.

Ciri khas sepeda ontel adalah bagian rantai yang umumnya ditutupi dengan tutup rantai kemudian sistem kerja lampu yang menggunakan dinamo sebagai sumber listrik yang berputar karena kepala dinamo bergesekan dengan ban sepeda. Sepeda ini mempunyai kualitas yang sangat bagus, rangka besi  yang kokoh membuat sepeda ontel masih banyak dijumpai dijaman modern seperti ini. Namun setelah bergesernya sepeda ontel pada tahun 70’an, sepeda ini tetap menjadi ciri khas tersendiri bagi masyarakat yang mengalami zaman kejayaan sepeda ontel itu. Bahkan sekarang banyak dijumpai kalangan masyarakat yang satu hobi, satu niat, satu obsesi, yang kemudian mereka mendirikan komunitas sepeda ontel.

Bertahannya sepeda ontel saat ini juga karena para pecinta sepeda ini banyak berjasa. Yaa mereka bahu-membahu saling sharing dan tukar pikiran bahkan tukar onderdil sepeda demi mempertahankan sepedanya masing-masing agar tetap terlihat  orisinil dan dalam kondisi yang fit. Hal  ini dilakukan tidak lain karena onderdil sepeda yang hanya ngetrend pada saat masa pemerintahan belanda ini sudah tidak ngetren lagi. Jadi bisa dipastikan kalau onderdil sepeda ontel sekarang ini jarang ditemukan karena mungkin jarang pula yang memproduksi lagi. Walau demikian para pecinta sepeda ontel tetap bisa mendapatkan aksesoris sepeda klasik ini di pasar tradisional yang menjual barang bekas. Hal itulah yang menjembatani para pecinta ontel dengan aksesoris yang dibutuhkan.

Sepeda ontel selain sebagai sarana bersepeda saat libur akhir pekan tiba, tak jarang pula ada yang memanfaatkan keklasikan sepeda ontel ini hanya untuk pajangan saat acara-acara yang diadakan. Misalnya saat ada acara pernikahan mereka menyewa sepeda ontel hanya untuk sesi pemotretan, kemudian pada saat ada acara pameran kebudayaan, dan lain sebagainya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan itulah kami disini siap menyediakan sepeda ontel yang tentunya masih terlihat orisinilnya dengan balutan aksesoris asli yang tentunya bisa menambah nuansa klasik jaman dulu di acara anda. Jika berminat silahkan hubungi kami. Terimakasih :)

By : Rizqi Ichwani

ORDER SEWA
SMS/WA 08989369294 PIN 51FBB6AD
INSTAGRAM : SEWASEPEDA
FACEBOOK : PONDOK SEPEDA
TWITTER :@PONDOKSEPEDA
 
 GABUNG KOMUNITAS SEPEDA SEHAT UIN DISINI
 
 
Load comments

0 Comments