Sabtu, 09 Januari 2016

Melewati Tanjakan Itu Mudah


Mungkin bagi anda bersepeda melewati tanjakan yang cukup curam adalah hal yang sangat sulit namun ada beberapa tehnik dalam melewati tanjakan agar lebih mudah. Teknik Bersepeda di Tanjakan. Ini sangat penting diketahui terutama untuk pesepeda tingkat pemula. Karena jika kita bersepeda di tanjakan tidak menggunakan teknik yang benar maka kemungkinan akan cepat lelah dan berhenti di pertengahan tanjakan dan itu yang tidak kita harapkan. Bahkan cenderung dapat cedera otot.

Berikut beberapa Teknik Bersepeda di Tanjakan :
  1. Jangan emosi. Ini merupakan kunci awal ketika melihat sebuah tanjakan yang cukup tinggi, anda jangan langsung tersulut emosinya hingga memacu sepeda dengan kecepatan penuh agar cepat sampai ke atas. Padahal itu merupakan hal yang salah ada baiknya kita bersabar dalam menghadapi tanjakan, kayuh dengan pelan namun pasti hingga sampai ke atas. Lagipula jika tersulut emosi ingin cepat melewati tanjakan tersebut akan banyak hal yang terjadi pada fisik kita seperti kelelahan yg berlebihan. Maka dari itu jangan mudah emosi, Bersabarlah.
  2. Atur gigi sepeda seringan mungkin. Jika anda mengatur gigi sepeda seringan mungkin anda sendiri akan merasa tidak terlalu sulit dalam menghadapi tanjakan tersebut dikarenakan energi yang kita keluarkan lebih sedikit ketimbang memasang gigi berat. Bahkan jika anda memasang gigi berat itu akan berpotensi memutuskan rantai sepeda anda sendiri.
  3. Condongkan badan anda kedepan. Tehnik seperti ini akn lebih memudahkan anda ketika berada di tanjakan dikarenakan beban tubuh anda akan pinda kedepan dan akan membuat jalannya sepeda lebih lancar.
  4. Atur nafas. Ini penting buat anda, jika anda tidak mengatur nafas, anda bisa saja pingsan saat menaiki sepeda di tanjakan. Ini disebabkan karena kurangnya oksigen kedalam tubuh kita. Jadi atur nafas anda dengan baik.
  5. Ukur kekuatan diri. Jika anda ingn melewati tanjakan yang cukup tinggi anda juga harus memikirkan diri anda terlebih dahulu dikarnakan fisik tiap-tiap orang itu berbeda beda. Jika anda masih pemula dalam hal tanjakan jangan langsuk mencoba meniki tanjakan yang tinggi tapi cobalah mulai dari yang rendah dan pada akhirnya baru yang tinggi. Karna jika anda memaksakan langsung yang tinggi itu akn berdampak pada fisik anda seperti, kram, otot sobek, terkilir, Dll.
  6. Perhatikan kondisis sepeda. Jika anda hendak melewati tanjakan cobalah untuk mengecek kembali kondisi sepeda anda, jika memang kondisi sepeda kurang memungkinkan jangan memaksakan untuk menanjak karena itu akan berdampak pada sepeda dan diri anda. Untuk menanjak kondisi sepeda haruslah prima.
  7. Posisikan tempat duduk anda senyaman mungkin. Jikalau ketika melewati tanjakan anda duduk tidak dalam posisi yang tidak nyaman itu akan berpengaruh pada tingkat kayuhan anda. Jadi posisikanlah duduk anda senyaman mungkin.
  8. Banyak berlatih. Yah banyak berlatih sangatlah baik buat anda sekalian dikarenakan jika langsung menanjak tanpa adanya persiapan itu akan cukup beresiko, latihan terus menerus akan membentuk kekuatan fisik anda secara baik. Berlatihlah dengan melewati tanjakan yang kecil pada awalnya dan terus meningkat hingga yang tinggi. Ingatlah proses jangan terburu buru.
Load comments

0 Comments