Minggu, 01 November 2015

Tips Panduan Memilih Helm Sepeda


Tips memilih helm sepeda, mengingat penting penggunaannya terkait keamanan bersepeda. Memang sebagian goweser sendiri sering merasa kurang nyaman ketika memakai helm.Padahal sejatinya helm itu adalah pelindung kepala.Helm adalah pertahanan pertama kepala kita ketika terjadi benturan, karena dgn memakai helm benturan tersebut dapat diredam dan resiko cedera pada kepala dapat diminimalisir. Selain pertimbangan fungsi (utilitas), sah-sah saja Sobat menyelaraskan dengan jenis sepeda dan gaya bersepeda Sobat, berikut Tips memilih helm sepeda :
A.  Pilih Jenis Helm yang sesuai dengan Aktivitas Gowes.
Jenis sepeda saat ini beragam – misalnya Roadbike, Mountainbike, maupun yang lebih extreme dan membutuhkan proteksi lebih seperti BMX, Freeride dan downhill. Nah, terkait hal ini, rancangan desain helm untuk tiap jenis aktivitas gowes tersebut pun berbeda.
Pengguna roadbike – misalnya – lebih cenderung memilih helm yang ringan dan berbentuk aerodinamis,di mana berat total dari sepeda dan asesorisnya diusaha kan seringan mungkin. Termasuk helmnya!.
Sementara untuk aktivitas Mountainbike lebih mengedepankan helm yang bisa melindungi kepala dari benturan terhadap benda-benda natural sepanjang perjalanan, misal: ranting pohon, bebatuan sepanjang trek dsb. Pilih yang ada visornya untuk melindungi mata anda dari silaunya sinar matahari ataupun benda-benda kecil yang dapat setiap waktu bisa ‘membentur’ bagian kepala dan wajah.
Sebuah helm full-face dibutuhkan bagi goweser dengan aktivitas yang lebih extreme, misal: jenis bersepeda freeride, dirtjump, downhill. Ada fungsi tambahan pada jenis helm sepeda full face, terkait fungsi melindungi cedera di area dagu jika anda terjatuh cukup serius.
B.  Pilih Ukuran yang Cocok
Walaupun Helm yang tersedia di pasar saat ini dijual dalam beragam ukuran dan dilengkapi dengan strap yang adjustable, namun mengukur helm yang paling benar adalah datang langsung ke tokonya. Anda tentu saja masih bisa menitip ke teman dengan memberikan informasi lingkar kepala anda, namun jangan hanya mengandalkan ukuran S,M, L dan XL saja.  Ukurlah keliling kepala – lingkar terbesar berada 2cm di atas alis.
Helm harus terpakai pas di kepala tapi tidak terlalu kencang hingga membuat kepala anda pening. Helm bisa dianggap pas untuk anda kalau pada saat digunakan, akan duduk dengan manisnya sekitar 2 cm di atas alis.
Kalau sudah mendapatkan ukuran yang pas, coba geser helm ke kiri kanan Jika bergeser terlalu banyak, kencangkan sizing ringnya yang biasanya berada di helm bagian belakang.
Coba geser ke depan dan belakang, jika bergeser terlalu banyak, lakukan adjustment di chinstrapnya – jika strap masih terlalu panjang – padahal susah mencapai adjustment maksimalnya, cobalah helm yang ukurannya lebih kecil.
C.  Perhatikan Juga Soal Aspek Gaya
Aspek gaya yang dimaksud, semisal memilih warna helm yang matching dengan warna frame sepeda.
Tipe Tipe Helm Sepeda
Berikutnya kita akan berkenalan dengan berbagai tipe dari helm, agar goweser dapat dengan mudah menentukan helm mana yang sesuai dengan jenis sepeda yang digunakan.

– Road, helm untuk sepeda balap/ road bike, tapi masih bisa digunakan untuk jenis keahlian sepeda lainnya. Helmnya ringan dengan ventilasi dan melindungi kepala dengan maksimal.

– Aero road helmets, jenis helm terbaru untuk pesepeda balap, perbaduan antara tipe helm time trial dengan helm balap yang berventilasi. Ringan dan berbentuk compact tapi memiliki keungtungan aerodinamis.

– Time trial, helm untuk goweser sepeda time trial, dirancang dengan keuntungan aerodinamis sekaligus pelindung kepala.

– Mountain bike, helm yang dirancang dengan ekstra cover, retensi dan ventilasi yang berguna saat menjelajah jalur off road dengan sepeda MTB goweser.

– BMX, untuk helm sepeda bmx ini memiliki 2 jenis; full face (untuk balap BMX) dan open face (untuk skate style).

-Full face, helm yang dirancang untuk memaksimalkan keselamatan goweser ketika bersepeda di jalur yang tingkat bahayanya besar.

– Leisure, helm yang dirancang untuk lebih tampil beda dalam bersepeda, tapi tidak ringan, juga tidak banyak ventilasinya dan bukan untuk dipakai saat balapan.

– Kids and Youth, dirancang khusus untuk keselamatan bersepeda para junior goweser baik yang masih anak anak sampai yang beranjak remaja. Dengan desain sesuai standard keselamatan untuk bersepeda disamping variasi warna yang menarik.

ORDER SEWA SEPEDA & HELM :
SMS/WA 08989369294 PIN 51FBB6AD
INSTAGRAM : SEWASEPEDA
FACEBOOK : PONDOK SEPEDA
TWITTER :@PONDOKSEPEDA


Load comments

0 Comments