Jumat, 02 Oktober 2015

Tips Memilih Tingkatan Groupset Shimano Deore, XT, Tourney, Altus, Acera, Alivio, SLX, XT, XTR

Hallo teman – teman goweser Indonesia, tahu gak sih kalo ternyata groupset yang di gunakan di sepeda kita memiliki tingkatan dan fungsi yang berbeda ?? faktanya para pesepeda pemula banyak yang belum tahu mengenai tingkatan groupset ini, tetapi ketika disebutkan sebuah brand ternama seperti shimano hampir semua pesepeda mengenalnya.
Namun, apakah teman - teman tahu bagaimana awal mula perusahaan ini berdiri? Shimano didirikan oleh Shimano Shozaburo di kota Sakai, dekat Osaka, sebuah kota yang terkenal dengan pembuatan pedang dan pistol. Bagaimana Shimano Shozaburo seorang anak petani bisa mendirikan perusahaan internasional? Shimano Shozaburo setelah lulus SMA magang pada sebuah pabrik besi. Kemudian, dia mendirikan perusahaannya sendiri bernama Shimano Iron Works Co, Ltd dan berubah menjadi Shimano Industrial pada tahun 1951.  Produk pertamanya single-speed freewheel (gir sepeda bagian belakang). Setelah sepuluh tahun berjalan, Shimano mengekspor produknya sampai ke China.  

Shimano mulai membuat groupset Shimano derailleurs pada tahun 1956 yaitu komponen sepeda yang berfungsi untuk memindahkan rantai sepeda pada gigi-gigi sepeda. Perusahaan ini terus berkembang hingga sekarang. Tahukah Anda? Selain memproduksi komponen sepeda, Shimano juga memproduksi komponen alat pancing dan peralatan snowboarding.

Tingkatan Groupset Shimano untuk Sepeda MTB

Groupset adalah satu set komponen sepeda yang berfungsi sebagai system perppindahan gigi. Groupset Shimano ini terdiri atas front derailleur (FD), rear derailleur (RD), Shifter, rantai, Sprocket (gir belakang), dan crankset (gir depan). Jika Anda memiliki sepeda MTB coba perhatikan derailleur (operan gigi) pada sepeda Anda. Jika sepeda Anda memakai Shimano mungkin derailleurs yang Anda pakai kemungkinan bisa Tourney, Altus, Acera, Alivio, Deore, XT, dan XTR. Apa yang membedakan groupset tersebut? Yang membedakan groupset Tourney, Altus, Acera, Alivio, Deore, XT, dan XTR adalah kualitas, kekuatan, ketahanan, kecepatan, dan harga. Secara hierarki, level groupset Shimano dapat diurutkan dari yang tinggi (kualitasnya) ke rendah kualitasnya sebagai berikut:

·       Shimano XTR adalah groupset paling mahal karena dibuat dari material yang berkualitas tinggi tahan karat seperti alloy (alumunium) bahkan titanium. Groupset ini sangat kuat, ringan, cepat, halus dalam perpindahan giginya. Groupset ini digunakan oleh atlet professional sepeda untuk kompetisi sepeda seperti offroad racing.
·       Shimano XT adalah groupset setingkat di bawah XTR, cocok digunakan bagi Anda yang hobi bersepeda ekstrem melalui jalur pegunungan.

·       Shimano SLX adalah groupset setingkat di bawah XT cocok untuk digunakan untuk cross country racing. Crankset SLX sudah menggunakan teknologi hollowtech.
·       Shimano Deore adalah mid level groupset cocok untuk digunakan oleh pemula di arena XC racing.
·       Shimano Alivio adalah entry level mid groupset. Cocok untuk medan offroad ringan. Teknologi Shimano Alivio mempunyai kecepatan 8 speed.
·       . Shimano Acera adalah groupset yang cocok digunakan untuk fun biker. Shimano Acera lebih kuat daripada Shimano Altus dan Shimano Tourney

·       Shimano Altus adalah groupset yang cocok digunakan untuk sepeda santai, tidak cocok untuk medan yang berat.



·        Shimano Tourney adalah groupset dengan level terendah cocok digunakan untuk sepeda santai di jalan yang mulus.


ORDER SEWA SEPEDA :
SMS/WA 08989369294 PIN 51FBB6AD
INSTAGRAM : SEWASEPEDA
FACEBOOK : PONDOK SEPEDA
TWITTER :@PONDOKSEPEDA


Load comments

0 Comments