Sabtu, 02 Juli 2022

Aksesori Bersepeda yang Wajib Anda Punya!

(Foto: Shutterstock)
Pesepeda pemula sering kali membuat kesalahan dengan membelanjakan seluruh dana mereka untuk membeli sepeda paling mahal, tanpa menyisakan dana di tabungan untuk aksesori yang tidak kalah penting. Misalnya, apabila Anda memiliki budget enam juta rupiah untuk membeli sepeda, maka jangan mencari sepeda dengan harga yang pas sesuai budget Anda. Lebih baik alokasikan dana sekitar empat juta rupiah untuk sepeda, lalu simpan dua juta untuk perlengkapan tambahan. 

Terdapat beberapa perlengkapan ekstra yang harus Anda beli pertama kali, contohnya perlengkapan keselamatan yang wajib Anda punya. Dengan demikian, apabila Anda memakai aksesori dengan lengkap, tentu akan lebih asyik, lebih cepat, dan lebih nyaman saat bersepeda. 


Helm

Helm modern dengan expanded-polystyrene berbobot ringan, tidak panas, dan dari segi modelnya bagus. Dua inovasi yang telah populer: pelindung yang bisa dilepas untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari, hujan, lumpur, dan cabang-cabang pohon, dan perangkat "pengunci" yang memanjang dari belakang helm sehingga pemakaian bisa lebih kencang. 


Namun perlu diperhatikan, apabila Anda memiliki helm yang usianya sudah beberapa tahun, perlu hati-hati karena pabrikan menyatakan busa perlahan-lahan akan aus oleh sinar matahari, keringat, polusi udara, dan pemakaian rutin. Akibatnya, bisa menjadi kurang mampu meredam benturan. Ingat, helm yang lebih mahal bukan berarti lebih aman, meskipun umumnya lebih ringan dan memiliki ventilasi yang lebih baik. Pertimbangkan untuk membeli helm baru yang ukurannya sesuai dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.


Botol Minum dan Tempatnya (cage)

Aturan pokok hidrasi adalah minum sebelum Anda haus dan berikutnya sekurangnya sekitar 650 ml setiap jam. Kebanyakan frame sepeda memiliki dua pasang dudukan untuk tempat botol, jadi jika Anda berkeringat cukup banyak atau bersepeda lebih dari 60 menit setiap sesinya, belilah sepasang tempat botol.


Pelumas rantai

Semprotkan atau teteskan pelumas secara teratur untuk menjaga perpindahan gir tetap cepat dan halus. Ingat bahwa terlalu banyak pelumas sama buruknya (jika tidak bisa dibilang sangat buruk) dengan kekurangan pelumas, karena pelumas yang berlebih cenderung mengumpulkan tanah dan debu yang menyebabkan rantai lebih cepat aus, jadi selalu pastikan untuk menyeka pelumas berlebih dari rantai.


Tool Kit atau Perkakas Serbaguna

Perkakas Anda harus mencakup obeng minus dan obeng plus, kunci pas kecil, kunci hex, pembuka mata rantai, dan kunci khusus untuk jari-jari sepeda. Simpan semuanya dalam seatbag Anda.


Kunci Pengaman

Umumnya kunci U yang mahal memberikan pengamanan yang paling baik, tapi kunci jenis ini berat dan roda depan perlu dilepas. Kunci sepeda dari kabel dengan gembok cukup memadai untuk penggunaan sesekali di area yang tidak terlalu berisiko. Jika Anda berencana untuk sering mengunci sepeda di tempat umum, pertimbangkan untuk membeli baik kunci U maupun kunci kabel, dan pasang secara bersamaan. Pastikan kunci sepeda mengunci kedua roda dan frame sepeda.


Sarung Tangan

Untuk pesepeda balap atau pesepeda di jalan raya, sarung tangan setengah jari dengan bantalan pada telapak tangan bisa meningkatkan kenyamanan dan mengurangi lecet jika terjadi kecelakaan. Untuk pesepeda gunung, ada model sarung tangan yang lebih protektif yang menutupi semua bagian jari atau tiga perempat jari dengan ibu jari tetap tertutup. 



Load comments

0 Comments